Sistem Online Bank Mandiri Layani Pembayaran Tagihan Rekening Gas

News Release - Rabu, 15 November, 2006

SIARAN PERS
CSC/PR67/2006
SISTEM ONLINE BANK MANDIRI LAYANI PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING GAS

KERJASAMA BANK MANDIRI DAN PERUSAHAAN GAS NEGARA

Jakarta, 15 November 2006 — Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Agus Martowardojo dan Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (PGN) WMP Simandjuntak menandatangani perjanjian kerjasama mengenai penerimaan pembayaran Tagihan Gas melalui fasilitas perbankan dengan menggunakan sistem host to host atau secara online yang disebut dengan GO Pay (Gas Online Payment).

Nasabah yang akan membayar melalui layanan Bank Mandiri akan langsung mengetahui jumlah tagihan PGN yang harus dibayar. Sistem Host to Host ini menghubungkan data di server PGN dengan server Bank Mandiri.

Agus Martowardojo, Direktur Utama Bank Mandiri mengatakan bahwa dengan adanya perjanjian ini, para nasabah Bank Mandiri atau pelanggan PGN dapat dengan mudah melakukan transaksi pembayaran tagihan.

”Fitur layanan pembayaran ini merupakan bentuk layanan yang sudah banyak ditunggu oleh nasabah. Dengan sistem ini, nasabah diberi kemudahan untuk melakukan pembayaran tagihan gas-nya dengan menggunakan seluruh channel yang ada pada saat ini dilebih dari 2662 ATM serta 921 kantor Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia dan layanan e-banking lainnya seperti internet banking, sms banking, dan phone banking / call Mandiri” jelas Agus Martowardojo.

“Dengan sistem ini, pelanggan memperoleh berbagai kemudahan dalam hal pembayaran tagihan rekening gas diantaranya; tidak perlu antri lagi di loket pembayaran di distrik-distrik PGN. Praktis dan menghemat waktu pembayaran”, ujar WMP Simanjuntak. Menurutnya, kerjasama ini adalah bentuk komitmen PGN dalam meningkatkan kualitas layanan prima untuk mencapai kepuasana pelanggan. “Dengan layanan GO Pay maka pelanggan dapat membayar tagihan kapan saja dan dimana saja dengan mudah”, imbuh Simanjuntak.

Selain GO Pay, PGN juga telah memiliki layanan PGN Contact Center yang berintegrasi dengan sistem informasi billing. Ke depan layanan-layanan tersebut akan dikembangkan sebagai bagian dari Customer Relationship Management.

Sampai dengan kuartal III tahun 2006, jumlah pelanggan PGN secara keseluruhan adalah 81.783 yang tersebar di wilayah operasi Strategic Business Unit Distribusi Wilayah I Jawa Bagian Barat (SBU) I), SBU II Distribusi Wilayah Jawa Bagian Timur, dan SBU III Distribusi Wilayah Sumatera Bagian Utara.

Guna lebih mendekatkan diri dalam memberikan layanan prima kepada pelanggan, pengelolaan dan pengoperasian distribusi gas bumi oleh SBU didukung 13 distrik yang terbagi sebagai berikut; 7 distrik SBU I (Jakarta, Banten, Bekas, Karawang, Bogor, Cirebon dan Pelembang), 3 distrik SBU II (Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan), dan 3 distrik SBU III (Medan, Batam dan Pekanbaru). Total volume gas yang didistribusikan sampai kuartal III tahun 2006 mencapai 315,68 juta kaki kubik per hari. Sedangkan bisnis transmisi sebesar 686,82 juta kaki kubik per hari.

PGN terus mengupayakan tambahan pasokan gas baru untuk memenuhi kebutuhan industri yang terus meningkat. Untuk itu PGN tengah mengupayakan untuk menyelesaikan proyek pipanisasi gasi bumi dari Sumatera Selatan ke Jawa Barat sesuai dengan target waktu yang ditetapkan. Diperkirakan pada Desember 2006, PGN akan mulai mengalirkan pasokan gas tahap I dari lapangan gas Pertamina di Pagardea.
Tentang Bank Mandiri (Per 30 September 2006)

Bank Mandiri memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International. Bank Mandiri juga menawarkan jasa pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.

Bank Mandiri saat ini memperkerjakan 21.079 karyawan dengan 921 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 2.662 ATM, disamping 6.131 ATM yang merupakan jaringan LINK (jaringan ATM Bersama), dan electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.

Keterangan lebih lanjut:
Christiana Damanik
Head of Corporate Communications
Bank Mandiri
Tel: 021-5245848; Fax: 021-5268246
christiana.damanik@bankmandiri.co.id
www.bankmandiri.co.id
C. Paul Tehusijarana
Group Head of Product Management
Bank Mandiri
Tel. 021- 3002 3848, Fax. 5268246

Sunset