Mandiri Banjarmasin Targetkan Rp 1,1T

Bank Mandiri In The News - Senin, 12 Januari, 2004

Kepala Bank Mandiri Cabang Banjarmasin Agus Fuad mengatakan target penyaluran kredit sebesar Rp 1,1 triliun untuk usaha kecil menengah (UKM) di sektor perdagangan, perkebunan dan pertambangan tahun ini dapat dicapai.
"Tahun lalu kami mengucurkan dana untuk UKM sebesar Rp 900 miliar. Begitu pula tahun 2002 sebanyak 800 miliar" kata fuad kepada wartawan di Banjarmasin, kemarin.
Menurut dia tercapainya target didasarkan atas asumsi kemungkinan adanya peningkatan kebutuhan bagi UKM diwilayahnya dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan dana sebesar itu, diperkirakan rata-rata UKM akan menerima Rp 500 juta.
Selain memberikan pinjaman dana dengan tingkat suku bunga 15 persen, Bank Mandiri Banjarmasin juga melakukan pembinaan manajemen maupun pelatihan usaha bagi UKM, sehingga diharapkan kredit UKM yang diambil dari 30% kredit korporasi tersebut dapat bergulir dan kembali dengan lancar. "Apalagi untuk mengembalian UKM disini relatif lebih baik" kata Fuad.
Sementara itu, menurut seorang pemilik usaha pembuatan batik sasirangan (rajutan) Banjar, Norhin, kredit yang dikucurkan Bank mandiri cukup menarik dan sangat membantu. Direktur Pribumi Citra Megah Utama itu mengungkapkan disamping bunga yang relatif ringan Bank Mandiri juga memberikan pembinaan untuk UKM.
Sejak memulai usaha kain sasirangan pada 1987, Norhin mendapat kucuran dana UKM sebesar Rp 50 jt, kemudian usahanya berkembang hingga memiliki omzet Rp 300 jt per bulan serta memiliki 25 anak angkat, masing-masing mepekerjakan 20 orang. (IDH/Ant)

Sunset