KLARIFIKASI PENUNJUKAN APPRAISAL BANK MANDIRI

Bank Mandiri In The News - Jum'at, 19 Mei, 2000

Tanggapan Bank Mandiri Mengenai Berita di Bisnis Indonesia tanggal 10 Mei 2000

Sehubungan dengan lansiran berita pada tanggal 10 Mei 2000 yang berjudul “Penunjukan Apraisal Bank Mandiri dinilai Monopoli” dengan ini kami sampaikan sanggahan sebagai berikut:

1. Bank Mandiri tidak pernah mengeluarkan kebijakan untuk menetapkan hanya lima perusahaan penilai yang dipakai sebagai rekanan seperti yang dijelaskan oleh Sekretaris Umum Gabungan Perusahaan Penilai Indonesia (Gappi) Remy I.K Ranti dalam lansiran berita tersebut, yang terkesan adanya praktek monopoli terselubung terhadap penunjukan perusahaan penilai.

2. Pemilihan perusahaan penilai dilakukan dengan sangat selektif berdasarkan syarat-syarat yang berlaku di Bank Mandiri dan dilaksanakan oleh suatu tim yang terdiri dari Komite Teknis, Komite Pengarah dan Komite Pusat. Hal tersebut dilaksanakan supaya Bank Mandiri memiliki rekanan perusahaan penilai yang benar-benar akan memberikan kualitas pekerjaan prima kepada Bank Mandiri.

Hingga saat ini Bank Mandiri telah menunjuk 11 (sebelas) perusahaan penilai. Jumlah ini tentu akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan; dengan tetap konsisten menerapkan syarat-syarat yang berlaku di Bank Mandiri.

3. Kewenangan menunjuk perusahaan penilai tidak hanya dilakukan oleh Tim Kantor Pusat, tetapi juga oleh tim serupa yang dibentuk di kantor-kantor wilayah untuk kepentingan wilayah yang bersangkutan.

Demikian tanggapan berita ini kami buat


PT BANK MANDIRI (PERSERO)
Divisi Komunikasi Korporasi

Sunset