wirausaha muda mandiri 2016

+| wirausaha muda mandiri (WMM) 2016
Wirausaha Muda Mandiri (WMM) merupakan program kompetisi, apresiasi, edukasi dan pembinaan kepada generasi muda Indonesia yang berani berwirausaha. Program ini telah diselenggarakan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2007 untuk pengusaha muda berprestasi di seluruh Indonesia

tujuan pelaksanaan program WMM

Melalui program WMM Bank Mandiri ingin mengajak generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri, yaitu generasi pencipta lapangan kerja yang tangguh dan mampu bersaing di era global. Disamping itu, program WMM juga diharapkan dapat berkontribusi dalam pencip ekosistem yang baik untuk tumbuh kembang wirausahawan di Indonesia.

perjalanan program WMM dari tahun ke tahun

Pelaksanaan program program WMM terus disempurnakan oleh dari tahun ke tahun dan telah diikuti oleh > 36.000 wirausahawan muda dari 656 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Berbagai program turunan WMM diselenggarakan untuk memperbesar manfaat dan cakupan program.


perbedaan antara program WMM,MYT, dan MBM challenge/WSM

Program Mandiri Young Technopreneur (MYT) generasi muda Indonesia yang telah memiliki usaha khusus yang bergerak di bidang teknologi. Sedangkan, Program Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challenge / Wirausaha Sosial Mandiri (WSM) merupakan program apresiasi dan pembinaan untuk generasi muda Indonesia yang menempuh jalur socio-preneur. Sejak tahun 2015 program MYT dan WSM telah digabungkan dalam dalam program WMM (bidang usaha Teknologi dan bidang usaha Sosial).

bidang usaha dan kategori yang dikompetisikan dalam program WMM 2016

Bidang usaha yang dikompetisikan dalam program WMM 2016 adalah sebagai berikut :


Pembagian kategori untuk peserta program WMM 2016 adalah sebagai berikut:


besaran hadiah untuk pemenang program WMM 2016

Hadiah yang disiapkan oleh panitia untuk peserta program WMM 2016 adalah:

*di masing-masing kategori dan bidang usaha yang dikompetisikan

Raih pula kesempatan untuk berjejaring dengan Mandiri Group, alumni program WMM serta nasabah korporasi Bank Mandiri, kesempatan mendapatkan penawaran produk perbankan yang sangat menarik (khusus bagi pemenang) dan kesempatan bergabung dalam program Inkubator Bisnis.

Mengapa harus bergabung/berpartisipasi pada program WMM 2016

Selain kompetisi bisnis, program WMM 2016 didesain untuk memberikan edukasi dan kesempatan akselerasi bisnis bagi pengusaha muda terbaik dari seluruh Indonesia. Melalui berbagai program pembinaan dan inkubator bisnis, Bank Mandiri berupaya membekali para pengusaha muda dengan pengetahuan terkini dalam dunia bisnis dan manajemen yang sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis. Pemenang program WMM 2016 khususnya pada kategori Teknologi Digital Financial Technology berkesempatan untuk mendapatkan suntikan modal dari PT Mandiri Capital Indonesia (subsidiary company Bank Mandiri).

Peserta yang mendaftarkan diri pada program WMM 2016 juga berhak untuk bergabung dalam Wirausaha Mandiri Forum (WM Forum), yaitu organisasi yang dibentuk oleh alumni program WMM mulai dari 2007 hingga saat ini. Masih banyak lagi kesempatan untuk mengembankan diri dan pengembangan usaha yang dapat digali dalam program WMM. Jadi tunggu apa lagi, bergabunglah dengan salah satu program pengembangan kewirausahaan terbesar di Indonesia.
+ | Siapa saja yang dapat berpartisipasi dalam program WMM 2016 ?
Peserta yang dapat berpartisipasi dalam program WMM 2016 adalah setiap orang yang memenuhi kriteria umum sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen identitas.
  2. Usaha dijalankan minimal 1 tahun pada 1 Agustus 2016
  3. Usia dan latar belakang pendidikan peserta WMM 2016

  4. Untuk bidang usaha teknologi minimal memiliki prototipe
  5. Bukan merupakan jenis usaha yang dilarang
  6. Tidak sedang didaftarkan pada kompetisi lain, kecuali oleh Mandiri Group (Bank Mandiri subsidiaries company)
  7. Lokasi kantor pusat berada di wilayah Indonesia
  8. Merupakan pemilik bisnis/penemu/inovator
  9. 1 usaha didaftarkan untuk 1 orang peserta
  10. Peserta program WMM tahun sebelumnya & belum dinyatakan sebagai finalis nasional bisa mendaftar kembali
  11. Inovasi/merk dagang brand usaha bukan merupakan bentuk plagiarisme secara ilegal
  12. Project/usaha tidak sedang dalam penyelidikan kasus hukum perdata atau pidana

tema pelaksanaan program WMM

Tema yang diangkat pada pelaksanaan program WMM 2016 adalah "Muda, Inovatif, Peduli"
  • Muda
  • Statement yang jelas bahwa program ini ditujukan untuk generasi muda Indonesia yang berprestasi dan mau keluar dari zona nyaman dan memulai usaha di usia muda.
  • Inovatif
  • Mencerminkan kegigihan dalam menciptakan hal baru yang unggul dan mampu memberikan solusi atas persoalan yang timbul. Hal ini sejalan dengan semangat program WMM secara umum dan khususnya bidang usaha teknologi.
  • Peduli
  • Program WMM sebagai CSR perusahaan didesain untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat secara luas baik sebagai role model untuk menularkan "virus kewirausahaan" maupun sebagai Mandiri dalam menjawab persoalan dan tantangan yang muncul di masyarakat melalui inovasi usaha. Untuk itu program WMM didesain untuk memberikan apresiasi bagi generasi muda yang memiliki keinginan untuk saling berbagi dan memberikan dampak positif dengan lingkungan sekitarnya
+ | cara mendaftar program WMM 2016
Pendaftaran program WMM 2016 tidak dikenakan biaya partisipasi (gratis) dan dilakukan online di website www.wirausahamandiri.co.id. Untuk memberikan informasi yang menyeluruh terkait bisnis yang didaftarkan, peserta diminta melengkapi informasi terkait data pribadi, data bisnis dan dokumen verifikasi pendukung.

periode pendaftaran program WMM 2016

Pendaftaran program WMM 2016 dibuka pada bulan September 2016 dan akan berakhir pada tanggal 15 Januari 2017.

bagaimana proses penjurian / seleksi program WMM 2016

Proses Penjurian / Seleksi program WMM 2016 akan dibagi menjadi 4 tahap sebagai berikut :
  • Penjurian Administratif
  • Merupakan seleksi awal program WMM 2016 berdasarkan proposal yang disubmit oleh peserta program WMM 2016.
  • Penjurian Lapangan
  • Tahapan seleksi yang bertujuan untuk mengkonfirmasi validitas dan kebenaran informasi yang disampaikan peserta saat mendaftar. Khusus pada bidang usaha teknologi, proses seleksi lapangan bukan bertujuan untuk proses screening namun verifikasi karya inovasi.
  • Penjurian tingkat wilayah
  • Peserta mempersentasikan usahanya di depan tim juri di masing region di seluruh Indonesia (Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Denpasar dan Jayapura). Khusus pada bidang usaha Teknologi tahapan penjurian wilayah (Pitching Wilayah) akan dilaksanakan secara online dengan fasilitas terkoneksi video call yang dilaksanakan di masing-masing region
  • Penjurian Nasional
  • Merupakan penjurian tahap final yang akan mempertemukan perwakilan terbaik dari masing-masing region.

kriteria penjurian program WMM 2016

Beberapa kriteria yang dipergunakan tim juri sebagai bahan pertimbangan program WMM 2016 adalah :
  • Aspek Kewirausahaan & pengelolaan bisnis
  • Aspek dampak usaha Sosial & lingkungan
  • Aspek inovasi
  • Aspek personality

siapa saja yang terlibat dalam proses penjurian program WMM 2016
Pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses penjurian program WMM 2016 adalah sebagai berikut:
  • Perbankan (diwakili oleh Bank Mandiri)
  • Media
  • Pemerintah / asosiasi
  • Kalangan akademisi / periset
  • Industri / praktisi
Tujuan Bank Mandiri menggandeng berbagai pihak dalam proses penjurian adalah untuk mendapatkan penilaian yang objektif dan kolektif dalam memutuskan wirausahawan muda yang berprestasi di Indonesia.

tips-tips melakukan pendaftaran WMM 2016

Berikut beberapa tips seputar pendaftaran program WMM 2016
  • Pastikan anda mendaftar pada Bidang usaha dan kategori yang sesuai. Peserta yang mendaftarkan bisnisnya pada bidang usaha dan kategori yang salah / tidak sesuai dengan lingkup telah ditetapkan oleh panitia akan digugurkan dalam kompetisi ini.
  • Download brosur dan petunjuk pengisian formulir (proposal usaha) WMM 2016 pada website www.wirausahamandiri.co.id untuk mendapatkan gambaran terkait program dan data yang perlu disubmit oleh peserta.
  • Persiapkan proposal usaha secara offline sesuai dengan contoh formulir yang didownload sebelumnya. Hal ini bertujuan agar peserta memiliki keleluasaan waktu untuk menyempurnakan proposal usaha dan melengkapi data serta informasi yang dibutuhkan. Kami sangat merekomendasikan peserta untuk memberi yang didaftarkan (contoh : jumlah penerima manfaat, jumlah konsumen, data target pasar, harga pasar rata-rata, dll) untuk memberikan penjelasan yang komprehensif tentang keunggulan usaha / karya inovasi yang didaftarkan
  • Cek & balance proposal usaha anda agar tidak terdapat kesalahan dalam penulisan maupun informasi yang kurang lengkap.
  • Siapkan dokumen pendukung (mandatory) secara lengkap.
  • Setelah content proposal usaha siap, peserta dapat melakukan pendaftar online melalui website www.wirausahamandiri.co.id dengan cara meng-copy isian proposal usaha pada file pffline ke form offline ke form online.
  • Kami sangat merekomendasikan agar setiap peserta program WMM 2016 dapat bergabung dengan WM Forum.
  • Program WMM 2016 tidak dipungut biaya, komunikasi resmi panitia kepada peserta akan disampaikan panitia melalui alamat email info@wirausahamandiri.co.id dan registrasi@wirausahamandiri.co.id. Panitia menghimbau setiap peserta agar berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Mandiri / panitia program WMM 2016.
+ | info lebih lanjut
Informasi terkait program WMM 2016 dapat diakses melalui website www.wirausahamandiri.co.id,. Pertanyaan seputar pendaftaran program WMM 2016 dapat disampaikan melalui email ke registrasi@wirausahamandiri.co.id atau twitter wrausahamandiri