FAQ rekening hape

Apa yang dimaksud dengan rekening hape?

rekening hape adalah produk co-branding uang elektronik Bank Mandiri, Bank Mandiri bersama operator telekomunikasi, Telkom, Telkomsel, Indosat dan XL-Axiata, sepakat untuk memasarkan produk uang elektronik secara bersama, yaitu uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di telepon seluler yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti top up, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer antar rekening rekening hape dan fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.

Apa yang dimaksud dengan Kerjasama Co-Branding?

Kerjasama Co-Branding adalah kerja sama pemasaran produk.

Apa saja fitur rekening hape?

Fitur rekening hape yang dapat dinikmati oleh pemegang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Informasi saldo dan histori transaksi
  • Isi ulang saldo melalui mandiri ATM dan transfer bank lain
  • Transfer ke nomor telepon seluler lainnya
  • Tarik Tunai di ATM Bank Mandiri tanpa menggunakan kartu ATM
  • Bayar/beli Tagihan maupun pada merchant-merchant yang bekerjasama

Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari rekening hape?

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pemegang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pengganti uang tunai
  • Dapat digunakan di semua jenis telepon
  • Kemudahan pendaftaran tanpa harus datang ke cabang Bank Mandiri
  • Tidak perlu repot mencari uang pas untuk pembayaran transaksi dengan nominal kecil
  • Kemudahan transfer ke nomor telepon seluler tanpa harus menghapal nomor rekening Bank

Layanan rekening hape tidak melibatkan bank secara langsung, apakah aman?

Layanan ini sangat aman karena setiap pendaftaran rekening hape pemegang diharuskan membuat kode rahasia dan PIN. Dan setiap transaksi hanya bisa dijalankan jika pemegang sudah memasukkan PIN yang sesuai.

Jika saya bukan nasabah Bank Mandiri apakah saya boleh menikmati layanan rekening hape?

Setiap orang yang memiliki telepon seluler dan kartu SIM yang aktif dapat menjadi pemegang rekening hape.

Bagaimana cara mendapatkan layanan rekening hape?

Pengguna telepon seluler dapat mengakses rekening hape menggunakan menu USSD dengan mengetik *141*141# kemudian pilih call/panggil. Setelah itu, pengguna dapat melakukan pendaftaran rekening hape terlebih dahulu dengan mengisi beberapa data singkat seperti Nama, Kata Rahasia, dan PIN

Pengguna yang telah melakukan pendaftaran akan terdaftar sebagai pemegang unregistered. Untuk dapat menjadi pemegang registered, pengguna harus melakukan upgrade layanan rekening hape di Agen terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan pemegang unregistered dan pemegang registered?

Pemegang unregistered adalah pemegang rekening hape yang belum melakukan upgrade layanan rekening hape. Sedangkan pemegang registered adalah pemegang rekening hape yang telah melakukan upgrade layanan rekening hape.

No. Perbedaan unregistered registered
1. Saldo Maksimal Satu Juta Rupiah Lima Juta Rupiah
2. Isi Ulang Ok Ok
3. Fitur Bayar - Beli Ok Ok
4. Fitur Transfer Tidak Ok
5. Fitur Tarik Tunai Tidak Ok

 

Apakah pemegang akan dikenakan biaya untuk transaksi rekening hape yang dilakukan?

Ya, pemegang rekening hape akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan, sebagai berikut:

No. Jenis Transaksi Biaya
1. Isi Ulang melalui ATM Gratis
2. Tarik Tunai melalui ATM Gratis
3. Tarik Tunai melalui Agen Rp. 5.000,-
4. Transfer Gratis
5. Pembelian/Pembayaran Tagihan variatif sesuai ketentuan Bank
6. Pembayaran di Merchant Gratis
7. Pembelian Pulsa HP Gratis

 

Bagaimana caranya menjadi pemegang rekening hape registered?

Pemegang unregistered yang telah melakukan pendaftaran rekening hape dapat menjadi pemegang registered dengan melakukan upgrade layanan. Upgrade layanan dapat dilakukan di Agen rekening hape dengan mengisi formulir upgrade layanan dan menyertakan fotocopy kartu identitas yang masih berlaku.

Provider apa saja yang bisa mengakses layanan rekening hape?

Jenis rekening hape Tsel XL Indosat
USSD (semua jenis handphone)

Apakah nomor telepon seluler yang sama bisa didaftarkan berulang kali?

Satu nomor telepon seluler hanya bisa didaftarkan sekali saja.

Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening rekening hape

Bisa, namun harus dengan nomor telepon seluler yang berbeda.

Apakah saya bisa mengakses layanan rekening hape di luar negeri?

Pemegang dapat mengakses layanan rekening hape di luar negeri sepanjang pemegang mendapat akses SMS dari luar negeri (untuk pengguna feature/basic phone

Apakah batasan saldo minimum rekening hape?

Tidak ada batasan saldo minimum untuk rekening hape.

Apakah rekening hape dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening tabungan reguler?

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, rekening hape tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga.

Berapa batasan transaksi dari rekening hape?

Batas transaksi dari rekening hape adalah maksimal nominal transaksi Rp.20 juta per bulan. Jika sudah melakukan transaksi sejumlah Rp.20 juta, maka nasabah tidak diperbolehkan melakukan transaksi lagi di bulan yang sama. Nasabah harus menunggu bulan berikutnya untuk melakukan transaksi.

Bagaimana saya terinformasi apakah transaksi saya berhasil atau tidak?

Apabila transaksi telah dilakukan, akan ada SMS notifikasi yang menginformasikan apakah suatu transaksi berhasil/tidak.

Jika saya melakukan transfer uang, berapa lamakah uang akan diterima oleh penerima?

Sesaat setelah proses transfer dilakukan dan SMS konfirmasi telah diterima oleh pengirim dan penerima.

 

Keluhan Pemegang

Apa yang harus dilakukan pemegang jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima ?

Pemegang diminta cek saldo/mutasi rekeningnya. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, silahkan hubungi mandiri call 14000 maupun melalui cabang.

Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat/tidak terkirim ke telepon seluler pemegang ?

Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, telepon seluler mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan telepon seluler maupun penyebab lainnya.

Bagaimana jika saya lupa pin saya?

Jika pemegang lupa PIN, pemegang dapat melakukan reset PIN melalui USSD rekening hape dengan memasukkan verifikasi data berupa nama dan kata rahasia.

Bagaimana jika saya lupa kata rahasia saya?

Jika pemegang lupa kata rahasia, pemegang dapat menghubungi mandiri call 14000 maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku untuk melakukan re-issue PIN dengan verifikasi data. Re-issue PIN hanya dapat dilakukan bagi pemegang registered.

Bagaimana jika SIM Card dan/atau telepon seluler saya hilang atau dicuri?

Pemegang dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan mandiri call 14000 untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila pemegang ingin mengajukan permintaan pembukaan blokir, maka pemegang dapat menghubungi mandiri call 14000 maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku. Pembukaan blokir hanya dapat dilakukan bagi pemegang registered.

Apakah saya akan kehilangan uang di rekening Rekening hape jika SIM Card/telepon seluler saya hilang atau dicuri?

Tidak, uang anda aman di rekening hape, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui kode rahasia dan PIN anda.

Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kembali saldo pada rekening hape saya jika SIM Card/telepon seluler saya hilang/dicuri?

Anda dapat mengajukan re-cycle kartu ke provider dengan nomor telepon seluler yang sama. Sistem rekening hape akan melakukan validasi pemegang berupa nama, kata rahasia, dan PIN untuk dapat menggunakan kembali rekening hape anda.

Sunset